7.5.11

Memahami Komputer dan System

Komputer pertama kali diciptakan oleh manusia yaitu untuk membantu pekerjan manusia yang berhubungan dengan perhitungan serta sebagai media penyimpanan data atau file. Namun seiring perkembangan teknologi, computer semakin dibutuhkan oleh manusia karena bentuk dan kecepatannya luar biasa. Computer dapat digolongkan menurut fisik dan system operasinya.

A.  Penggolongan computer berdasarkan kemampuan pengolahan data dan bentuk fisiknya, antara lain sebagai berikut :
  1. Mainframe : Adalah merupakan computer yang memiliki ribuan unit prosesor sehingga kemampuannya sangat besar dan berukuran besar. Mainframe yang memiliki kekuatan pemrosesan paling kuat dinamakan supercomputer, mampu melakukan banyak komputasi yang rumit yang memerlukan waktu lama dan umumnya digunakan dlaam riset para ilmuwan, untuk pemrosesan data perusahan atau untuk keperluan militer.
  2. Minicomputer : Adalah merupakan computer yang ukurannya lebih kecil dibandingkan mainframe. Minicomputer umumnya digunakan sebagai antar muka antara mainframe dan jaringan computer.
  3. Microcomputer atau Personal Computer adalah computer yang berukuran relative kecil dan ditujukan untuk satu pemaai (single user). Dengan menghubungkan PC yang satu dengan PC yang lainnya dapat membentuk jaringan.
    Personal Computer terdiri dari monitor, keyboard, mouse, dan CPU (Central Prosesan Unit). PC dapat berbentuk tower atau desktop. Tower merupakan computer yang memiliki casing di-letakkan dengan posisi berdiri. Sedangkan desktop merupakan computer yang memiliki casing diletakan dengan posisi tidur.
  4. Komputer Portabel adalah komputer yang beukuran lebih kecil dari PC sehingga mudah dibawa kemana-mana. Perkembangan terbaru memungkinkan computer yang seukuran telapak tangan seperti:
    Desktop : adalah computer dengan bentuk gabungan antara desktop dan notebook sehingga memiliki kemampuan desktop tetapi berbentuk seperti notebook.
    Notebook : adalah computer yang memiliki ukuran di antara computer notebook dan palmtop
    Palmtop adalah computer yang dapat digenggam karena ukurannya yang sangat kecil (sebesar telapak tangan).
B.  Penggolongan komputer berdasarkan jenis data yang di-olah adalah sebagai berikut :
  1. Komputer Analog ; digunakan untuk mengolah data kualitatif yang berdasarkan input dari keadaan lingkungan yang nyata, bekrja secara kontinyu dan parallel.
  2. Komputer Digital ; digunakan untuk mengolah data kuantitatif, yaitu angka, huruf, kombinasi huruf, kombinasi huruf dan angka, serta karakter-karakter khusus berdasarkan input dari pulsa elektronik.
  3. Komputer Hybrid merupakan kombinasi antara computer analog dan digital.

Sumber : Prisma Computer

2 komentar:

  1. flashback nech plajaran q dlu...
    Dlu pas g masuk, jd kurang paham...
    xixixi....

    BalasHapus
  2. hehehe...iya nnih gan di repost biar pemula jadi tau

    BalasHapus

Tinggalkan Komentar Anda