7.5.11

Perkembangan Perangkat Lunak Komputer

Perangkat lain disamping hardware yang tidak kalah penting adalah software. Hardware yang paling canggih sekalipun tidak akan bermanfaat jika tidak didukung oleh software yang sesuai.
Software atau sering disebut program merupakan kumpulan dari berbagai instruksi atau perintah yang harus dikerjakan komputer secara berurutan untuk melaksanakan tujuan atau fungsi tertentu.
Seiring dengan perkembangan teknologi perangkat keras atau hardware komputer, software komputer pun mengalami perkembangan. Berikut akan dibahas tentang software atau program-progran komputer yang ada.

Perkembangan Software (Perangkan Lunak) komputer
Software atau perangkat lunak adalah kumpulan instruksi yang disusun secara sistematis yang dapat dimengerti dan dilaksanakan komputer untuk menyelesaikan tugas tertentu. Software yang digunakan orang telah mengalami perkembangan sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan.

1. Bahasa Generasi Pertama
Bahasa generasi pertama adalah bahasa mesin (machine language), yaitu program yang dibuat menggunakan kode-kode biner. Misalnya perintah 1101011010010010 diartikan dengan perintah menjumlahk data pada alamat yang ditunjuk. Bahasa mesin disebut juga bahsa tingkat rendah (low level language), karena benar-benar menggambarkan proses penjumlahan yang harus dilakukan oleh microprocessor.
2. Bahasa Generasi Kedua
Bahasa generasi kedua disebut bahsa rakitan (assembly language). Program dalam bahasa ini hampir sama dengan bahasa mesin tetapi penulisannya sudah berupa sesuatu yang bisa dibaca. Misalnya untuk penjumlahan ditulis dengan ADD 52H.
Bahasa assembly masih tergolong sebagai bahasa tingkat rendah. Untuk menjalankan program seperti ini masih memerlukan program lain sebagai penerjemah, yaitu assebler untuk menerjemakan bahasa assembly dan interperter untuk menerjemahkan bahasa mesin.
3. Bahasa Generasi Ketiga
Bahsa mesin dan bahasa assembly sangat sulit diterima orang awam. Hanya komputer dan programer yang mengerti tentang program tersebut. Untuk itu kemudian mulai diceptakan bahasa tingkat tinggi (high level language) yang menggunakan kosa kata dalam bahasa sehari-hari. Contoh bahasa generasi ini adalah COBOL, BASIC, FORTRAN, PL/1, PASCAL DAN ALGOL. Basic dan Pascal disebut procedure oriented programing karena penulisan programnya harus mengikuti aturan yang ada. Sedangkan Cbol dan FOTRAN termasuk problem oriented.
Pada masai ini juga mulai diciptakan program sistem operasi untuk membantu orang awam menjalankan komputer pertama kali, yang dikenal dengan nama DOS. Misalnya PC-DOS, Microsoft-DOS, DR-DOS.
4. Bahasa Generasi Keempat
Bahsa generasi keempat adalah pembuatan program yang tidak mementingkan prosedur yang berlaku. Programmer atau pemakai dapat memberikan perintah apa yang harus dilakukan terutama untuk memudahkan dalam pengambilan keputusan. Contoh program ini adalah FOCUS, RPG, MANTIS, MARK V, DYNAMO, GASP, IFPS, SLAM, SIMSRIPT, dan MODEL.
5. Bahasa Generasi Kelima
Bahasa generasi kelima digunakan pada expert system dimana seorang programmer dapat membuat program seperti layaknya seorang pakar sistem. Contoh program ini adalah LISP dan PROLOG.
Sejalan dengan perkembangan ini pula, kemudian diciptakan program-program paket untuk membantu penggunak komputer menyelesaikan tugas-tugasnya. Program-program ini masih menggunakan sistem operasi DOS. Misalnya Lutus 123 untuk spreadsheet (pengolah angka), Wordstar dan word perfect untuk pengolah kata, Dbase untuk pengolah database.
Pada tahun 1980-an mulai diperkenalkan Windows, tetapi pada awalnya program ini bukan merupakan program sistem operasi. Program ini dibuat untuk mengatasi masalah pengguna komputer yang ingin menjalankan beberapa program sekaligus pada waktu yang bersamaan.
Pada tahun 1990-an, seiring dengan perkembangan jaringan komputer mulai diciptakan program sistem operasi yang berbasis jaringan seperti UNIX (LINUX), Novel Netware dan Windows/Windows NT. Pada era inilah kemudian berkembang dengan pesat berbagai macam program aplikasi seperti yang dikenal sekarang ini.

Bahasa pemograman yang digumakan sudah menggunakan bahasa pemograman yang berorientasi pada objek (Object Oriented Programming). Contoh program tersebut antara lain Visual Basic, Visual Foxpro, Borland Delphi, Visual Dbase, Visual C dan lain-lain.

Sumber : Prisma Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Anda